Thursday 22 November 2012

Macam Search Engine Terpopuler dan Spesifikasinya


Mesin pencari (search engine) adalah salah satu program komputer yang di rancang khusus untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam computer, misalnya dalam sebuah web server umum di web (www). Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya berisikan prase atau kata yang kita inginkan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria
tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah di buat sebelumnya dan di mutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukan kriteria pencarian.
Search engine adalah situs yang sering kita kunjungi. Saat kita ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine. Search Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah Google. Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Saya akan menjelaskan beberapa diantaranya beserta keunggulannya.
1. Yahoo!
Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN, dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.  berikut ini kelebihan dan kekurangannya yang lebih jelas : 
·         Kelebihan:
  1. Carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
  2. Salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
  3. Salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
  4. Banyak fasilitas yang disediakan.
  5. Sudah ada di banyak negara
·         Kekurangan:
  1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
  2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
  3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
  4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak

2.MSN
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Search engine watch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah. 
·         Kelebihan
  1. Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
·         Kekurangan
  1. Pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
  2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.

3.Google
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
·         Kelebihan
  1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  2. Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
  3. Tampilan yang sederhana.
  4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
  5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
·         Kekurangan
  1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
4.AltaVista
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
·         Kelebihan
  1. Keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
  2. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
·         Kekurangan
  1. Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
5.Lycos
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com. 
·         Kelebihan
  1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
  2. Dalam hal pencarian cepat.
  3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
  4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
·         Kekurangan
  1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
  2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.                                  ^_^ 
6.http://id.nowgoogle.com/

Now google merupakan search engin buatan indonesia, karakteristik mesin pencari ini hampir sama dengan google.com. Now google hanya membuat tampilan baru yang seolah2 mengurung Google di dalamnya.

Untuk index pencarian. Nowgoogle memberikan berbagai macam indeks dan ditampilkan doibawah kolom / bar pengisian keyword .S earch Engine bukan hanya mencari alamat website tapi yang lain seperti:  downloads,  video,social bookmark,dll.(seperti gambar disamping.

Kemudian untuk fasilitas searching, hasil yang ditampilkan hampir sama persis mirip google (mungkin memang link dari google).

Jadi Now google boleh disebut sebagai mesin pencari Rakitan / modifikasi dari google..
7. http://www.indonesiasearchengine.com/
Indonesia search engine adalah mesin pencari buatan Indonesia, tampilan dari Indonesi searc engine agak berbeda dari search engine pada umumnya. Kualitas searching juga tidak bisa diremehkan, dapat menampilkan keyword nama saya yang saya ketikkan di keyword kolom. Kemudian menghasilkan index yang lumayan banyak. Pada situs ini terdapat iklan yang menuju pada situs lain, tidak seperti goglle yang mempunyai  tampilannya bersih. Jadi menurut saya Indonesiasearchingengin merupakan situs search engine terbaik di indonesia.

8. http://cangkok.com/id/index.php
Cangkok. com dilihat dari tampilan awal, mirip sekali dengan Google.Hasil serching, tidak memuaskan, karena tidak memunculkan hasil apapun saat memasukkan keyword Nama saya pada kolom pencari. Untuk indexing, dibuat sangat sederhana dan sedikit sekali hasil yang ditampilkan. Sehingga membuat mata tidak lelah melihar gambar yang ditampilakan.
9.NOWGOOGLE.com
http://www.karawanginfo.com/wp-content/uploads/2010/03/nowGoogle.com-Adalah-Multiple-Search-Engine-Popular1.jpg
Namanya adalah nowGoogle, ini adalah search engine atau mesin pencarian buatan anak negeri. Konsepnya adalah multiple search engine, dimana nowGoogle menyatukan 10 mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, dkk dalam satu search engine. Dengan begitu, nowGoogle.com lebih memudahkan netter atau blogger untuk melakukan pencarian tanpa harus repot membuka banyak tab baru.
Adapun berbagai fasilitas atau fitur yang disediakan oleh nowGoogle.com yang mendklarasikan sebagai Multiple Search Engine Popular ini diantaranya adalah : web-search, book, blog, ebook, gambar, lirik, lowongan kerja, dsb. Dan sebagaimaa Google.com, Yahoo dkk. Dilihat pada tampilannya mesin pencari (search engine) ini tampak bersih dan elegan. Lalu selain itu, nowGoole juga menyedikan berbagai jenis fasilitas berbeda untuk para pengunanya diberbagai lokasi, seperti :
http://www.nowgoogle.com (Multiple Search Engine)
http://id.nowgoogle.com (Multiple Search Engine Indonesia)
http://ca.nowgoogle.com (Multiple Search Engine Canada)
http://uk.nowgoogle.com (Multiple Search Engine United Kingdom)
http://directory.nowgoogle.com (Free Web / Link Directory)

2. UPDATEBANGET.com
UpdateBanget merupakan mesin pencari. Pengembang UpdateBanget mendesain UpdateBanget untuk melayani pencarian data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal.
Sebagai tahapan pertama, UpdateBanget tampil dengan fitur terbatas pada pencarian berita. UpdateBanget mengindeks semua situs berita di Indonesia, baik dengan lingkup nasional atau lokal. Pengguna bisa mendapatkan berita hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang diinginkan, terurut berdasarkan kekinian.
Pencarian berita adalah langkah awal. Ke depan, UpdateBanget berupaya melalui milestone yang telah diformulasikan untuk menjadi mesin pencari umum. Dalam misi pengembangan tersebut, UpdateBanget terbuka untuk segala macam ide, pendapat, kritik atau saran dari para pengguna.
http://updatebanget.com/

3. FINDTOYOU.com
Findtoyou.com merupakan salah satu mesin pencarian yang hadir untuk penggunanya dengan konsep lebih spesifik dan praktis. Findtoyou memberikan pilihan kepada user dalam hal pencarian data seperti untuk Music, Video, Images, Software, Ebook, Document, Powerpoint, Excel, File Sharing, Torrent dan Social Networking secara langsung dihalaman depan website tersebut.
Keunikan dari Search Engine Findtoyou adalah dapat mengklasifikasikan pencarian, sehingga user dapat mudah memilih jenis File yang ingin dicari, berbeda dengan search engine sejenisnya yang hanya mampu mencari 1 atau 2 file.
Sejarah :
Awal mulanya berdiri pada bulan 9 juli 2009 dan berbasiskan di Surabaya dan Jakarta
Pendiri : Dian Arif Sutejo – founder
Teuku Iqbal Maulana – co-founder – CIT
setiadi – co-founder – CEO
Walau baru seumur jagung meramaikan situs pencarian, trafik untuk indonesia sudah berhasil menembus peringkat ke 617 untuk daftar
pencarian situs di indonesia, data tersebut berdasarkan dari http://www.alexa.com/siteinfo/www.findtoyou.com
Umumnya pengguna findtoyou adalah kalangan pelajar dan perkantoran dengan memudahkan pengguna internet apa yang dibutuhkan, Findtoyou menggunakan link ke beberapa pencarian beberapa situs di dunia , sehingga dijadikan satu halaman website, saat ini total pengunjung lebih dari 25000 perhari ,menggandeng jejaring facebook sebagai media apresiasi penggunanya, semua dibangun atas opensource karena akan lebih mudah membangun dan mengembangkannya.
http://findtoyou.com/

4. BATAVIASE.com
Search engine yang satu ini malah mirip dengan suatu forum. Berisi artikel artikel yang dicomot dari beberapa web koran juga. Menurut ane ini search engine untuk orang yang suka baca berita-berita terkini. Searchnya pun bisa milih mau cari apa
http://bataviase.co.id/

5. GRUIL.com
Search engine layaknya google tapi masih dalam tahap beta (pengerjaan) namun gruil sudah dapat di gunakan.menrut pembuat gruil,web nya gruil jauh lebih cepat dan hasil data yang akurat. backgroundnya yang ceria bikin searching jadi berwarna
http://www.gruil.com/

No comments:

Post a Comment